HIMBAUAN UNTUK TERUS MENDUKUNG PENUH KEBERADAAN KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI

Selasa, 28 Juli 2009

Kepada Yth.
ELEMEN MASYARAKAT ANTIKORUPSI
Di -
JAWA TENGAH.


Perihal : Himbauan Untuk Mendukung Penuh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)


Salam AntiKorupsi

Hingga saat ini KPK merupakan satu-satunya institusi yang terbukti mampu membongkar jaringan mafia korupsi di berbagai institusi negara. Akan tetapi, konsolidasi kekuasaan koruptor mulai lebih kuat menyerang KPK. Tujuan utamanya untuk mengebiri dan melumpuhkan fungsi KPK. Jika ini terjadi, masa depan pemberantasan korupsi di Indonesia akan kembali kelam.

Beberapa bentuk kegiatan yang dapat ditumpangi ”corruptor fight back” terhadap KPK dilakukan mulai dari Judicial Review/Uji Materiil UU KPK ke Mahkamah Konstitusi; menyerang kewenangan penyadapan KPK; memotong kewenangan penuntutan KPK melalui RUU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi; pembajakan komisioner KPK melalui seleksi fit and proper test di DPR; penarikan Penyidik POLRI dan Auditor BPKP dari KPK; intimidasi berupa ancaman BOM; tidak menyelesaikan RUU Pengadilan TIPIKOR hingga batas waktu yang diberikan MK, hingga sinyal serangan langsung (direct attack) terhadap pimpinan KPK lainnya setelah Antasari Azhar diproses dalam kasus dugaan pembunuhan Nasruddin Zulkarnain.

Padahal, sebagai salah satu mandat Reformasi, korupsi harus diberantas tanpa pandang bulu. KPK saat ini tengah merintis usaha ke arah itu. Akan tetapi banyak pihak yang tidak menginginkan hal itu terwujud.

Untuk menyikapi situasi yang kian memburuk dan berakibat fatal terhadap keberadaan KPK, maupun pemberantasan korupsi di Indonesia, kami menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk memberikan dukungan nyata terhadap agenda pemberantasan korupsi dengan menuntut DPR RI dan Pemerintah RI untuk tetap mempertahankan KPK.

Kami mengharap dukungan dalam bentuk aksi simpatik untuk mendukung KPK dalam bentuk, misalnya :
• Aksi massa yang terus menerus untuk mendukung penguatan KPK.
• Mengirim surat pernyataan ke Presiden RI, DPR RI, dan lembaga lainnya untuk mendukung eksistensi KPK.

Demikian surat himbauan ini kami sampaikan. Atas dukungannya, kami ucapkan banyak terima kasih


Semarang, 28 Juli 2009

Hormat kami,
KP2KKN Jawa Tengah;


EKO HARYANTO, SH.
Sekretaris


Catatan :
Asli surat Ini adalah surat dari ICW No.285/SK/BP/ICW/VII/2009 tertanggal 27 Juli 2009 yang ditujukan kepada seluruh mitra-nya yang ada didaerah termasuk juga KP2KKN Jawa Tengah. Oleh karena isi dan maksud serta tujuannya dari redaksi surat tersebut relevan dengan kondisi saat ini, maka KP2KKN merasa perlu juga untuk membuat surat yang redaksinya sama persis dengan isi surat tersebut, yang kemudian kami sebarkan keseluruh jaringan mitra KP2KKN yang ada di Provinsi Jawa Tengah, baik melalui e-mail maupun surat tercatat, lewat surat No.103/SK/KP2KKN/VII/2009 tertanggal 28 Juli 2009.

0 komentar:

Posting Komentar